Jenis-jenis Desktop Environment (DE) pada Linux.

Blog Makmurriansyah

Jenis-jenis Desktop Environment (DE) pada Linux.
Sesuai judul postingan kali ini, saya akan sedikit bercerita mengenai , jenis jenis DE pada OS Open Source yang sudah pasti kita kenal, yap!! benar sekali.. linux.

Nah kali ini saya akan menjelaskan dulu apasih itu Desktop Environment (DE).. DE bisa diartikan sebagai tampilan antar muka yang biasa disajikan pada komputer/pc saat menjalankan nya, nah DE ini juga bisa disebut dengan Graphical User Interface (GUI), pada OS linux sendiri juga banyak memakai jenis jenis DE.

Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa jenis DE yang terkenal, diantara nya

1. KDE

Blog Makmurriansyah

KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris.
Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office, dan KDE dikembangkan pertama kali pada 14 Oktober 1996.

Buat kamu  yang ingin mengunjungi repository kde saya sertakan gambar dibawah ini.


2. GNOME 

Blog Makmurriansyah

GNOME adalah lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis. GNOME merupakan proyek internasional untuk menciptakan kerangka, aplikasi perangkat lunak untuk desktop, dan juga untuk mengatur peluncuran, penanganan file dan manajemen tugas jendela (window). GNOME adalah bagian dari proyek GNU dan dapat digunakan di kebanyakan sistem operasi Unix-like, kebanyakan Linux dan OpenSolaris desktop. dan GNOME dikembangkan pertama kali pada 3 Maret 1999.

Buat kamu  yang ingin mengunjungi repository GNOME saya sertakan dibawah ini.


3. Xfce
Blog Makmurriansyah
Xfce merupakan perangkat lunak bebas desktop untuk Unix dan platform mirip Unix lainnya, seperti Linux, Solaris dan BSD. Tujuannya: cepat, ringan, menarik secara visual dan mudah digunakan. Versi saat ini, 4.4, bersifat modular dan dapat digunakan lagi. Ia terdiri dari komponen-komponen yang terpisah yang secara bersama menyediakan fungsi desktop sepenuhnya, namun komponen-komponen tersebut juga dapat dipilih dalam subset untuk membuat lingkungan kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Xfce terutama digunakan karena kemampuannya untuk menjalankan desktop modern pada perangkat keras yang relatif sederhana, dan Xfce dikembangkan pertama kali pada 1996.

Buat kamu  yang ingin mengunjungi repository Xfce saya sertakan dibawah ini.
Repository Xfce

4. Unity
Blog Makmurriansyah

Unity adalah tampilan shell GNOME yang dibuat oleh Canonical Ltd. untuk sistem operasi Ubuntu. Unity pertama kali tampil dalam versi notebook Ubuntu 10.10 dengan tujuan awal untuk lebih menghemat penggunaan ruang layar/desktop yang ada, dan Unity dikembangkan pertama kali pada 9 Juni 2010.

Buat kamu  yang ingin mengunjungi repository Unity saya sertakan dibawah ini.
Repository Unity

Cukup sekian postingan kali ini mengenai Jenis jenis Desktop Environment Linux, sebenarnya masih banyak lagi, tapi akan saya bagikan lain hari saja ya, semoga apa yang saya bagikan di blog ini bermanfaat untuk kita semua.

salam Blog Makmurriansyah.

0 Response to "Jenis-jenis Desktop Environment (DE) pada Linux."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel