Istilah Dalam Dunia Komputer Yang Perlu Kamu Ketahui

Blog Makmurriansyah

Blog Makmurriansyah, Selamat datang sobat Blog Makmurriansyah.. Blog yang selalu mengupdate postingan postingan terbaru mengenai berita teknologi, tips trik, tutorial dan juga lowonga kerja, dan sebelum itu karena malam ini adalah malam idul adha saya mengucap kan selamat merayakan hari raya idul adha buat sobat sobat sekalian.

Kali ini saya akan membagikan sebuah informasi nya yang menarik, yaitu informasi mengenai istilah istilah dalam dunia komputer yang perlu kamu ketahui dan istilah istilah ini pastii nya sebagian dari kita hanya mengetahui nama nya tanpa mengetahui kepanjangan maupun fungsi nya nya, dan berikut ini adalah nama nama nya, kepanjangan serta fungsi nya.

1. BIOS (Basic Input Output System)
Bios adalah sebuahSoftware yang terinstal pada semua komputer yang memiliki fungsi sebagai pengontrol  dari sistem operasi dasar sebuah komputer, misalnya pada sebuah monitor, hard disk, dan keyboard.

2. CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah bagian utama dalam sebuah komputer yang mana berfungsi sebagai pemroses dari seluruh perintah pada komputer yang didalam nya terdiri dari berbagai macam periferal yang ada didalam nya dengan fungsi nya masing masing.

3.  MAC (Media Acces Control)
MAC adalah sebuah alamat jaringan yang mana diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang mana dapat merepresentasikan dari sebuah node tertentu dalam sebuah jaringan

4. ATA (Advanced Technology Attachment)
ATA ialah sebuah alat untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti cakram keras dan CD-ROM dalam sebuah komputer, dan banyak terdapat istilah untuk perangkat ATA ini termasuk juga singkatan-singkatan dari IDE, ATAPI, dan UDMACD-RW Compact Disc Re-writable atau CD kosong yang biasa kita gunakan untuk menulis data berulang kali.

5. GPU (Graphics Processing Unit)
GPU adalah sebuah prossesor khusus pada bagian grafis 3D dari microprocessor dan alat ini biasa digunakan pada sistem benam seperti telepon genggam, komputer pribadi, workstation, dan juga sebuah konsol game.

6. GIF (Graphics Interchange Format)
GIF adalah sebuah format grafis pada gambar yang paling sering digunakan untuk keperluan desain website dan GIF ini memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, akan tetapi mampu menyimpan grafis dengan latar belakang transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana (dapat bergerak).

7. GPS (Global Positioning System)
GPS adalah sebuah sistem yang mana memiliki fungsi untuk menentukan sebuah letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan sinyal pada satelit dan sistem ini menggunakan 24 satelit yang berfungsi untuk mengirimkan berupa sinyal gelombang mikro ke Bumi


8. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
HTTP ialah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia, yang biasa digunakan pada sebuah website.situs.

9. URL (Uniform Resource Locator)
URL adalah sebuah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang biasa digunakan untuk menunjukkan sebuah alamat suatu sumber seperti dokumen dan juga gambar di Internet dan URL ini merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet Dunia.

10. VPN (Virtual Private Network)
VPN adalah suatu jaringan private yang mana menggunakan media jarigan publik untuk menghubungkan antar remote-site secara aman, dan vpn ini biasanya digunakan untuk mengakses sebuah konten atau web yang di blokir oleh provider jaringan.

11. SMS (Short Message Service)
SMSadalah sebuah layanan yang dilakukan dengan sebuah ponsel genggam untuk mengirim atau menerima pesan-pesan pendek dan pada mulanya SMS ini dirancang sebagai bagian daripada GSM, akan tetapi sekarang sudah didapatkan pada jaringan bergerak lainnya termasuk jaringan UMTS.

12. PDF (Portable Document Format)
PDF adalah sebuah format pada berkas ataupun file yang dibuat oleh perusahaan teknologi Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital dan format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi didalam nya sebuah teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

13. DVD (Digital Video Disk)
DVD adalah sebuah cakram padat yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film, dan lain lain dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD.

14. SSL (Secure Socket Layer)
SSL adalah kelanjutan dari protokol kriptografi yang menyediakan komunikasi yang aman di Internet dan biasanya ssl ini banyak disediakan gratis maupun berbayar pada jasa layanan penyedia web dan hosting

15. CAPTCHA (Completely Automated Public Turing Test To Tell Computers And Human Apart)
CAPTCHA adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan yang biasa digunakan dalam sebuah website untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer ataupun robot.

16. PNG (Portable Network Graphics)
PNG ialah salah satu dari format penyimpanan citra gambar yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut dan format PNG ini diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan citra GIF. Secara umum PNG dipakai untuk Citra Web

17. HDMI (High Definition Multimedia Interface)
HDMI adalah salah satu antarmuka peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri dan alat ini biasa nya berbentuk seperti Port USB

18. ISP (Internet Service Provider)
ISP adalah sebuah perusahaan atau badan yang mana menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan dan biasanya kebanyakan dari perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet dan mereka juga menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

19. SQL ( Structured Query Language)
SQL adalah sebuah bahasa yang mana biasa digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional dan bahasa ini secara de facto ialah sebuah bahasa standar yang digunakan di dalam manajemen sebuah basis data relasional (Database) dan saat ini hampir seluruh server berbasis data yang ada mendukung bahasa SQL ini untuk melakukan manajemen datanya

20. LAN (Local Area Network)
LAN merupakan sebuah jaringan pada komputer yang mana jaringan tersebut hanya mencakup wilayah kecil (sekitar) seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, di rumah, sekolah dan juga yang lebih kecil.

21. I/O (Input Output)
Input Output unit luar (Sebuah Hasil) yang biasa digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse dan hasilnya biasa nya berupa data dalam bentuk software maupun hardware

22. IP (Internet Protocol)
Internet Protocol  adalah sebuah deretan dari angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk tiap tiap sebuah komputer host dalam sebuah jaringan Internet dan panjangnya dari angka ini adalah 32 bit, dan 128 bit yang menunjukkan bahwa alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

23. MPEG (Moving Picture Expert Group)
MPEG adalah nama sebuah organisasi internasional ISO/IEC yang bergerak didalam pengembangan standar pengkodean citra bergerak dan pertemuan pertama terjadi pada bulan Mei 1998 di Ottawa, Kanada. Namun kini MPEG sebagai berkas dengan nama singkatan yang berbeda yaitu Moving Picture Expert Group

24. WWW (World Wide Web atau Waring Wera Wanua)
WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna.

25. HTML (Hyper Text Markup Language)
HTML adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan juga pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi

26. JPEG (Joint Photographics Expert Group)
JPEG ialah merupakan skema dari kompresi file bitmap yang awalnya, file yang dapat menyimpan hasil foto digital yang juga memiliki ukuran yang besar sehingga tidak praktis dan dengan format baru jpeg ini, hasil foto yang semula berukuran besar berhasil dikompresi sehingga ukurannya kecil.

27. DSL (Digital Subscriber Line)
DSL adalah teknologi yang menyediakan sebuah penghantar data digital yang melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari sebuah jaringan telepon setempat dan biasanya kecepatan unduh dari DSL ini berkisar sekitar 128 kb/d sampai 24.000 kb/d dan itu tergantung dari teknologi DSL tersebut.

28. LTE (Long Term Evolution)
LTE adalah sebuah standar dari sebuah komunikasi akses data secara nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA dan jaringan antarmukanya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui sebuah spektrum nirkabel yang secara terpisah dan teknologi ini mampu mengunduh hingga dengan kecepatan 300 mbps dan upload 75 mbps dan layanan LTE ini pertama kali dibuka oleh perusahaan teknologi bernama TeliaSonera di Stockholm dan Oslo pada tanggal 14 desember 2009. 

29. OCR (Optical Character Recognition)
OCR adalah Teknologi untuk mengubah image suatu dokumen hasil scan menjadi bentuk teks (misalnya ke dalam kode ASCII), yang dapat diedit dengan program pengolah kata.

30. RTF (Rich Text Format)
RTF adalah sebuah Format file yang biasa digunakan pada sebuah dokumen yang bisa ditransfer ataupun dibuka di berbagai aplikasi pemrosesan data.

31. TIFF (Tagged Image File Format)
TIFF adalah sebuah format standar file yang digunakan oleh suatu gambar grafik dan dapat berupa sebuah monokrom, greyscale, dan gambar berwarna 8-bit atau 24-bit dan gambar berformat TIFF ini dapat dikompres tanpa kehilangan detail gambar.


Saya rasa cukup sampai disini postingan saya mengenai Istilah Dalam Dunia Komputer Yang Perlu Kamu Ketahui, dan jika masih ada yang menurut kamu kurang, kamu bisa komentar dibawah dan saya akan mengupdate nya, semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih

0 Response to "Istilah Dalam Dunia Komputer Yang Perlu Kamu Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel