Ransomware Pada Tool Aktivasi KMSPico

Sedikit pengalaman tentang Ransomware.

Selamat datang di blog Makmurriansyah, beberapa hari ini saya libur untuk ngeblog dikarenakan kesibukan kerja yang terkadang membuat saya harus pulang malam dan setelah sampai dirumah saya langsung istirahat, jadi belum sempat untuk membuat postingan terbaru di blog saya ini.

Kebetulan kali ini saya memiliki waktu luang dan kali ini akan membagikan sedikit pengalaman yang saya alami mengenai si virus ransomware ini. yang mana kejadian nya tepat sekitar 2 minggu lalu di tempat kerja saya, ketika itu saya di beri tugas untuk mengerjakan sebuah tugas yang di beri oleh atasan saya. Nah kebetulan sekali tugas nya itu hanya mengetik saja untuk membuat sebuah jadwal.

Setelah saya mengambil catatan untuk mengetik jadwal nya dan kembali keruangan tempat saya bekerja, saya membuka microsoft office word, dan disinilah awal terkena virus ransomware tersebut... singkat cerita saya belum mengerjakan tugas tersebut dikarena kan saya melihat kalau Microsft Office Word 2013 yang ada pada komputer saya belum di aktivasi sama sekali, dan saya iseng iseng untuk mencoba mendownload program aktivasi untuk office word 2013 yang mana pada waktu itu saya lupa membawa flashdisk saya yang berisi software aktivasi tersebut, dan dikarenakan flashdisk saya ketinggalan saya mencoba downloadnya dari website resminya, dan nama program aktivasi tersebut ialah KMSPico.

Singkat cerita saya sudah selesai mendownload nya karena file nya juga yang tidak terlalu besar, jadi langsung saja saya eksekusi heheh... setelah saya instal seperti biasa tidak ada kendala sama sekali, akan tetapi pada saat instalasi nya hampir selesai tiba tiba saja komputer yang saya gunakan otomatis mendownload software/aplikasi yang tidak saya ketahui dan menginstal secara otomatis, sebelumnya saya tidak ambil pusing walaupun menginstal begitu banyak karena itu saya anggap biasa toh nanti juga bisa saya unistal semuanya dan perlu diketahui juga untuk aplikasi/software yang menginstal lebih dari 1 itu biasa nya perusahaan tersebut telah bekerja sama dan kalau tidak salah disebut Software Bundle.

Singkat cerita ada sekitar 3 sampai 4 aplikasi yang tersinstal, kemudian setelah komputer yang saya gunakan menginstal beberapa program/aplikasinya saya melihat keanehan pada icon file yang berada di desktop, semua file saya yang ada di desktop berubah menjadi putih dan memiliki extensi (.nppp), tidak hanya di desktop akan tetapi semua file yang ada di drive D: dan yang lainnya juga ikut berubah dan ter-enkripsi ransowware nppp

Untungnya hanya filenya saja yang terkunci tapi tidak dengan program yang terinstal seperti browser dan lainnya, akhirnya saya pun mencoba mencari kunci descripsinya ransomware nppp tersebut tapi tidak ada yang mempan sama sekali dan baik itu, dan pada akhirnya saya kehabisan akal dan kemudian mencoba untuk melakukan Restore pada 2 hari sebelumnya dan berharap semoga saja bisa. Untuk melakukan restore ternyata tidaklah semudah itu! kita harus menunggu berjam-jam dan ketika teman kerja saya datang dan melihat ke komputer yang saya gunakan, kemudian bertanya kenapa merestore komputernya, saya bilang saja software yang ada didalam nya tidak bisa digunakan dan sudah mencoba berbagai cara (*alasa saya saja heheh...)

Pada akhirnya teman saya tersebut menyarankan untuk menginstal ulangnya saja, dikarenakan tidak ada file yang penting di dalam nya, akhirnya saya lega akan tetapi saya tidak menginstal ulang nya hanya saja saya memanfaatkan fitur Reset yang ada pada windows 10, fitur reset di window 10 sendiri memiliki fungsi layaknya seperti menginstal ulang yang akan mengahapus semua file serta pengaturan-pengaturannya, akan teapi fitur reset ini memiliki 2 pilihan, yaitu hapus total dan tidak (seperti instal ulang, akan tetapi file pada drive D dan seterusnya tidak hilang).

Untuk kamu yang belum mengatahui letak fitur Reset ini dan cara menggunakannya, berikut ini langkah-langkah Cara Reset dan Refresh Pada Windows 10.

  • Buka Start Menu > Settings.
  • Pada jendela yang terbuka pilihlah opsi “Update & Security”
  • Klik opsi “Recovery” yang ada di kolom sebelah kanan
  • Klik tombol “Get started” pada bagian Reset this PC
  • Pilih opsi “Keep my files” jika ingin melakukan refresh, dan pilih opsi “Remove everything” jika ingin melakukan reset
  • Proses refresh atau reset akan segera berlangsung, silahkan tunggu hinnga selesai.
Akhirnya saya menggunakan opsi kedua yaitu Keep My Files, setelah beberapa saat melukan restart akhirnya komputer yang saya gunakan kembali seperti semua, akan tetapi file yang terkena ransomware tersebut tidak dapat kembali walaupun sudah melakukan reset... Tapi tidak masalah bagi saya, yang penting adalah komputer dapat digunakan seperti semula.

Pelajaran yang perlu diambil dari saya adalah, jangan sembarangan untuk mendownload software atau program apapun itu dan menginstal nya tanpa di cek dan dipastikan terlebih dahulu, apakah file tersebut aman dari virus atau tidak wkwkwk...
Semoga apa yang saya bagikan kali ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih..!!

0 Response to "Ransomware Pada Tool Aktivasi KMSPico"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel